• Tue. Jul 16th, 2024

Waspada Modus Penipuan Melalui Telegram Dengan Tugas Like dan Follow TikTok

Mar 6, 2024

Tahun 2024 ini masih marak kejadian yang menimpa pengguna internet di Indonesia dengan berbagai modus, salah satunya modus penipuan berkedok mengerjakan tugas dan dapat reward.

Modusnya seperti ini,

Pertama mereka menghubungi korban melalui Aplikasi Whatsapp, kemudian menjelaskan apa tugas yang akan di lakukan. Seterusnya akan diarahkan ke Telegram dan masuk ke Grup telegram.

Di dalam grup ada ratusan member, dan secara berkala admin akan mengirimkan tugas kepada member grup, tugasnya seperti melakukan Like dan Follow akun TikTok, atau subscrive channel Youtube.

Nah, dalam membangun kepercayaan korban, pelaku ini langsung membayarkan komisi kepada korban senailai yang djanjikan, diawal dijanjikan komisi 30 ribu, dan langsung di transfer.

Setelah itu ada tugas sampai tugas ke 12 pada hari yang sama, dan komisi langsung dicairkan dan masuk ke rekening korban.

Sampai besoknya akan da tugas lagi kata admin, disuruh gabung ke grup VIP, katanya lebih privat.

Nah, di grup ini banyak bukti transfer yang dikirim admin, untuk membangun kepercayaan.

Setelah sampai ke tugas 5, di hari kedua, admin meminta untuk memilih produk di shopee, katanya dipilih dan bayar aja dulu untuk nanti dikembalikan lagi dalam waktu 5-15 menit, sekaligus dengan komisinya sebesar 20%.

Nah, disini komplotan ini sudah mulai menggiring untuk kita melakukan transfer, sehingga nantinya korban akan melakukan transfer untuk produk yang dipilih.

Secara bertubi-tubi admin mengirim banyak bukti transfer dari member lain, tapi itu palsu semua, jadi modusnya diawal membangun kepercayaan dulu, sehingga nantinya korban akan percaya dengan sudah mendapatkan komisi di awal, nominalnya sekitar 200ribuan, setelah itu akan diminta untuk transfer duluan, baru dapat komisi.

Nah, bagi kamu yang dapat tawaran seperti ini, jangan sampai tertipu untuk melakukan transfer atau memberikan kode apapun kepada admin grup tersebut, terutama kode login ke telegram.

Semoga kita selalu diajuhkan dari kejahatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *